Pages

Sabtu, Desember 25

Mengenal Kanal dan Fungsinya

Kanal
Kanal
Kanal atau terusan merupakan saluran air yang dibuat oleh manusia untuk berbagai keperluan. Umumnya kanal merupakan bagian dari aliran sungai dengan pelebaran atau pendalaman pada bagian tertentu. Kanal tertua, sekitar 4000 SM, dibuat untuk tujuan irigasi di Mesopotamia. Dalam perkembangan selanjutnya, kanal dapat difungsikan sebagai bagian dari sistem pengendalian banjir serta dapat berguna untuk jalur transportasi/perdagangan.
Banjir kanal Jakarta merupakan salah satu contoh kanal untuk pengendalian banjir di Indonesia. Konsep dasarnya adalah mengendalikan aliran air dari hulu sungai dan mengatur volume air yang masuk ke kota Jakarta. Sistemnya dibuat agar aliran sungai Ciliwung melintas di luar kota Jakarta (Batavia). Banjir kanal merupakan gagasan Prof H van Breen dari Burgelijke Openbare Werken, cikal bakal Departemen Pekerjaan Umum, pada tahun 1920. Pembuatannya dilakukan setelah banjir besar yang melanda Jakarta dua tahun sebelumnya. Pengendalian banjir di Jakarta bertumpu pada dua terusan, banjir kanal barat dan banjir kanal timur, yang melingkari sebagian besar wilayah kota.
Dalam skala yang lebih besar, kanal dibuat dengan memperpanjang saluran alam (sungai) yang ada. Kanal didesain agar dapat dilintasi oleh boat atau kapal perdagangan yang berguna untuk menghemat jarak tempuh pelayaran. Beberapa contoh kanal tersebut antara lain :
1. Terusan kiel (North Ostsee Kanal) berada di negara bagian Schleswig – Holstein (Jerman), menghubungkan laut utara di sisi barat dengan laut baltik di sisi timur, sepanjang 98 km. Kanal dibuka pada tahun 1895, dengan nama Kaiser-Wilhelm-Kanal, dan berubah nama menjadi North Ostsee Kanal pada tahun 1948. Terusan ini merupakan jalur transportasi strategis bagi negara – negara di tepi laut baltik dengan inggris dan negara – negara eropa bagian utara. Rata-rata 118 kapal per hari melintasi kanal ini pada tahun 2007.
Terusan Panama
2.Terusan Panama memiliki panjang 82 km. Proyek pembuatan kanal dilakukan oleh Amerika Serikat pada awal 1900an dan dibuka pada tahun 1914. Kanal ini menghubungkan Teluk Panama yang merupakan bagian dari Samudra Pasifik di bagian selatan dengan Laut Karibia yang merupakan bagian dari Samudra Atlantik di bagian utara. Terusan ini memperpendek waktu tempuh kapal laut karena tidak perlu memutar lewat ujung selatan Amerika Selatan.
3.Terusan Suez merupakan jalur transportasi yang menghubungkan eropa dan negara-negara timur tengah (Asia-Afrika) tanpa mengelilingi Afrika. Panjang kanal adalah 192 km, memanjang arah utara – selatan. Terusan ini menghubungkan laut mediterania (negara – negara eropa selatan) dan laut merah (negara-negara timur tengah). Kanal ini merupakan bagian dari sejarah perang Arab – Israel pada tahun 1967 and 1973. Terusan Suez dibuka tahun 1870 dan dibangun atas prakarsa insinyur Prancis yang bernama Ferdinand Vicomte de Lesseps.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Street Art Copyright by welcome......!!!!!!!!!! | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowtoTricks