Pages

Jumat, Desember 17

Kenapa Ikan di Terumbu Karang Punya Trend Warna?

Tidak hanya pada manusia yang selalu mencari trend warna di setiap awal tahun. Jauh sebelum itu, ikan sudah mem-proklamir-kan diri dengan berbagai jelmaan warna pada tubuhnya. Namun pada ikan, trend warna mempunyai fungsi khusus dan merupakan bagian dari tingkah laku.
Terlepas dari fisiologi, kajian mengenai fungsi warna pada ikan berkembang secara pesat pada saat ini. Telah dipahami dan diklasifikasikan, pewarnaan pada tubuh ikan dikelompokkan menjadi tiga kategori umum berdasarkan fungsinya yakni kamuflase, ‘menjual diri’, dan sebagai topeng (mimikri).
Kamuflase
Tipe pewarnaan ini merupakan yang paling banyak dipakai oleh ikan dan tergolong sangat penting. Banyak dipakai oleh ikan untuk menghindar dari berbagai macam predator yang siap untuk memangsa. Kamuflase bisa dilakukan dengan beberapa cara, misalnya counter-shading (mencocokan pantulan dari bawah dan atas dengan ambien refleksi), berwarna yang tidak biasa dan aneh khususnya pada ikan laut dalam, adanya penandaan warna pada tubuh (misalnya pada ikan Kepe-kepe yang banyak mempunyai bulatan hitam pada tubuhnya untuk mengelabui mangsa) dan ada juga yang tubuhnya transparan.
Menjual diri
Sistem “menjual diri” adalah fungsi lain warna dan perubahan warna pada ikan. Di dalam dunia air yang sudah padat dengan berbagai macam makhluk, ‘menjual diri’ merupakan salah satu strategi untuk menjaga eksistensi, identitas dan juga mencari pasangan. Pengenalan dari warga dalam lautan adalah fungsi yang sangat penting dari pewarnaan. Pola dan warna sering digunakan dalam berbagai jenis periklanan diri.
Mimikri
Mimikri merupakan tipe umum ketiga fungsi dari pewarnaan dan perubahannya oleh ikan, dalam rangka pertahanan diri atau bertahan. Beberapa jenis ikan menggunakan penampakan (atau tingkah laku) dari spesies lainnya untuk mempertahankan diri dan atau sekaligus memangsa.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Street Art Copyright by welcome......!!!!!!!!!! | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowtoTricks