Pages

Selasa, Desember 14

172 Pohon Tua Di Jakut Layak Ditebang

PERTAMANAN - Terjangan angin disertai guyuran hujan membuat sejumlah pohon di wilayah Jakarta Utara rawan tumbang. Kasudin Pertamanan Kota Administrasi Jakarta Utara, Ratna Diah Kurniati menjelaskan di Jakut terdapat 15 titik rawan pohon tumbang yang tersebar di 6 kecamatan. Dari ke 15 lokasi itu tercatat ada 172 pohon yang layak ditebang.


"Terhitung dari tanggal 7 Oktober sampai 26 Oktober 2010, jumlah pohon tumbang di Jakarta Utara mencapai 28 pohon," jelas Ratna Diah Kurniati kepada wisatapesisir.com, Rabu (27/10).

Tingkat kerawanan pohon tumbang disebabkan oleh usia pohon yang tergolong sudah tua ditambah dengan terjangan angin yang cukup kencang. Sedangkan lokasi yang memiliki pohon layak tebang diantaranya Jl. Warakas, Jl. Walang Baru Raya, Jl. Pluit Raya, Jl. Murtado, Jl. Mindi, Jl. Manggar, Jl. Mangga, Jl. Enim, Jl. Danau Sunter Utara, Jl. Danau Sunter Selatan dan lain-lain.

"Lokasi yang paling rawan terjadinya pohon tumbang adalah di seputar Danau Sunter, Kecamatan Tanjung Priok karena disana banyak terdapat pohon-pohon yang usianya sudah tua dan rindang," ungkap Kasudin Pertamanan Jakarta Utara.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat yang melintas di sejumlah lokasi yang rawan terjadinya pohon tumbang untuk selalu waspada. "Apabila terjadi hujan deras disertai angin kencang jangan berteduh dibawah pohon tua karena sangat beresiko," himbau Ratna.

Untuk mengantisipasi hal itu, Sudin Pertamanan Kota Administrasi Jakarta Utara rutin melakukan penopingan di sejumlah lokasi dan mensiagakan tim buser pohon tumbang yang akan selalu memantau dan menangani apabila terjadi pohon yang tumbang ataupun sempal di wilayah Jakarta Utara.

"Tim buser yang menangani pohon tumbang berjumlah 10 petugas dilengkapi dengan peralatan dan truk operasional. Walaupun peralatan yang ada kurang memadai namun petugas tetap menjalankan tugasnya dilapangan," ujar Isdiyantoro, Kasi Jalur Hijau Sudin Pertamanan Jakarta Utara.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Street Art Copyright by welcome......!!!!!!!!!! | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowtoTricks